ISTILAH DALAM BIOLOGI

Assalamulakum wr wb.
Hai guys ketemu lagi di blog ku yang sederhana ini, baiklah kali aku akan membahas mata kuliah/pelajran yang biasa nya dipelajari oleh anak jurusan IPA, PERTANIAN, MIPA. Yaitu mata kuliah biologi dimana mata kuliah ini merupakan ilmu pengetahuan alam yang mempelajari kehidupan mahkluk hidup. baik itu hewan, manusia dan  mikroorganisme. Seringkali dalam mempalajari mata kuliah ini kita dihadapkan dengan istilah-istilah yang menurut kita aneh, sehingga membuat kita kesulitan dalam memahami pelajran tersebut. Padahal istilah-istilah tersebut harus kita hafal dan mengerti supaya mempermudah kita dalam memahami pelajaran tersebut. Tapi tenang saja, dalam pembahsan kali ini saya membagikan istilah yang umum digunakan dalam mata pelajaran tersebut. Baiklah langsung saja ini dia istilah-istilah yangs sering digunakan dalam mata pelajaran bilologi.

Adaptasi
Perkambangan ciri makhluk hidup dalam lingkungannya untuk meningkatkan peluang sinansanya dan menignkatkan keturunan. Dalam istilah lain adaptasi juga bisa diartikan sebagai penyusuaikan makhluk hidup atas lingkungannya.

Anafase
Tahap mitosis dan meiosis yang mengikuti metafase ketika separuh kromosom homolog memisah dan bergerak ke arah kutub gelendong.

autosom 
kromsom kecuali kromosm seks

Daur sel
urutan kejadian antara dua pembelahan mitosis sel eukariota:fase mitosis (M) diikuti fase pertumbuhan (G!), lalau sintesis DNA (S) satu fase pertumbuhan lagi (G2) dan akhirnya mitosis lagi.

Duplikasi gen
Produksi suau duplikasi tanden suatu urutan DNA oleh pindah silang yang tidak berimbang aau oleh kelainan proses replikasi.

Ekspresi gen
Pengejawatahan bahan genetika sesuatu makhluk sebagai keseluruhan jumlah tabiatnya yang khas.

Evolusi
Perubahan genetika tak terbalikan dalam garis keturunan yang menyebabkan kladogenesis atau pemecahan satu jenis menjadi beberapa jenis baru.

F1
 generasi anak pertama; keturunan yang berasal dari percobaan persilangan buatan.

F2
Keturunana yang dihasilkan dengan mengawinkan kembali atau membuahkan sendiri individu F1

Fenotipe
Sifat terlihat makluk yang dihasilkan oleh genotipr bersama-sama dengan faktor lingkungan

Galur
Pengelompokan anggota-anggota jenis yang hanya memiliki satu ciri, biasanya bersifat homozigot dan dipertahankan untuk keperluan percobaan genetika atau demi kepentingan manusia

Gen homozigot
Gen yang terdapat dalam dosis tunggal, seperti sebuah gen dalam suatu makhluk hidup haploid

Generasi
Semua individu yang dihasilkan dalam suaru daur makhluk hidup.

Genom
Pengacuan kepada semua gen yang dikandung satu gamet tunggal, jadi wakili satu dari setiap pasangan kromosom.

Genotipe
Konsitusi genetika suatu makhluk untuk membedakannya dari penampilan fisknya (fenotipe)

Gens
Kelompok jenis yang memiliki garis keturunan jelas dan mencirikan.

Haploid
Memiliki jumlah kromosom yang khas untuk gamet makhluknya (haploids)

Heterozigot
Individu diploid yang mewarisi alel berbeda pada satu atau beberap lokus

Homozigot
Individu atau sel yang ditandai dengan homozigonitas ; sifat memiliki alel serupa dalam dalam lokus berakitan pada kromosom homolognya.

Interfase
Masa antara dua mitosis atau saat antara pemelahan metosis pertama dan kedua

Kromsosom
DNA melingkar yang mengandug keleluruhan perangkat intruksi genetika yang sangat diperlukan demi kehispan sel. Satu di antara struktur benang yang tersusun atas kromatin dan membawa infomasi genetika yang disusun dalam urutan memanjang.

Lini
Sekelompok individu yang homozigot dan bertangkar murni serta secara fenologi terbedakan dari anggota jenisnya.

Meiosis
Tipe pembelahan sel nukleus ketika jumlah kromosom direduksi dari diploid ke haploid

Tentunya masih banyak ya guys istilah-istilah lainya yang harus kita pelajari. Tidak cukup hanya membaca blog ku yang sederhana ini. Maka dari tiu perbanyak membca lewat buku dan media yang lainnya untuk menambah wawasan kalian. Terimakasih telah membaca blog ku yag sederhana ini, jika ada salah kata dan penulisan mohon untuk dimaafkan.
 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

CIRI KHAS KAIN TENUN KALBAR

Golongan Orang Yang Disebut Tetangga Allah SWT

DASAR DASAR AGRONOMI